CIRI-CIRI KHUSUS BEO NIAS

http://beoburung.blogspot.com/2016/03/ciri-ciri-khusus-beo-nias.html
ciri khusus burung beo nias


Beo Nias adalah satwa endemik pulau nias , sumatra utara. Beo nias memiliki ukuran tubuh paling besar diantara burung beo lainnya. Sekarang beo nias sudah sangat susah ditemukan di alam bebas, kebanyakan sudah berada di dalam sangkar dan untuk dijadikan burung peliharaan .

Beo Nias memiliki panjang 40cm , burung ini juga memiliki bulu pendek pada bagian kepala nya.hampir semua tubuhnya diselimuti bulu berwarna hitam ,dan hanya ada sedikit garis lengkung berwarna kuning dekat kelopak mata sampai ke belakang kepala . Warna corak putih juga terdapat pada bagian sayapnya.

Di habitatnya burung beo nias ini , biasa hidup berpasangan , atau dalam kelompok kecil (koloni). Beo nias termasuk burung karnivora , ia memakan buah-buahan dan serangga kecil. Burung ini memanfaatkan lubang-lubang pada batang pohon yang tinggi sebagai sarang dan tempat bertelur.

Burung beo nias ini dapat di jumpai di beberapa tempat seperti, pulau nias,pulau babi, pulau tuangku,dan beberapa pulau lagi di sekitar pulau nias.