PENYEBAB BURUNG BEO BISA NGOMONG



Keunikan burung beo ada pada lidahnya dan ini yang menjadi rahasia mereka karena suara yang dikeluarkan bisa diatur oleh lidahnya dan bahkan memampukan mereka untuk meniru ucapan manusia. Baik itu per huruf vokal maupun satu atau beberapa kata yang manusia sering bicarakan bisa ditirukan oleh burung pintar ini. Kalau manusia menghasilkan suara dari pangkal tenggorokan atau yang kita sering sebut dengan istilah laring dan suara kita bisa diubah sesuai dengan gerakan lidah, burung beo pun juga sama.
Dengan itulah, manusia bisa mengucapkan huruf vokal dan konsonan dengan baik meski pun tetap ada kesulitan dalam pengucapan dan rupanya, hingga detik ini belum ada peneliti yang menganggap burung beo sama seperti burung jenis lainnya karena memang tidak ada burung lain yang bisa mengubah dan menghasilkan suara dari syrix atau larynx tanpa dibantu lidah. Mengapa burung beo bisa bicara? Itu karena lidah mereka gerakan ke depan dan belakang supaya ucapan manusia bisa ditiru.


Ternyata, kualitas suara vokal burung beo juga ditentukan oleh pergerakan lidahnya di mana perbedaan yang besar bisa ditimbulkan dan bahkan lebih besar apabila dibandingkan kualitas vokal “o” dan “a” yang manusia biasa ucapkan. Tentu semua itu juga tidak lepas dari bakat si burung beo itu sendiri untuk meniru suara dan kata-kata manusia ditambah dengan lidah yang dimainkan oleh mereka. Untuk itu tidaklah heran kalau banyak orang memilih burung beo sebagai hewan peliharaan karena memiliki bakat menarik.

Setiap pemilik burung beo pasti tahu cara mengajari burung beo berbicara dan tidaklah sulit karena burung beo memang diciptakan Tuhan dengan keunikan seperti itu. 

Burung beo memiliki intelejensi tinggi dan hal ini sudah diakui oleh banyak orang, salah satunya karena kata-kata manusia pun bisa ditiru oleh mereka. Jika pernah dengar tentang beo Abu-abu Afrika, burung satu ini sudah diteliti dan kerennya, mereka bisa merangkai kalimat sendiri dengan makna yang simpel